Prosedur membuat NIB Badan Usaha – Sebelum lanjut ke pembahasan, sebagai seorang pengusaha tentunya perlu memahami betapa pentingnya Nomor Izin Usaha (NIB), karena NIB ini penting untuk keberlangsungan usaha di masa depan. Jika belum memiliki NIB dan berencana untuk membuatnya, ada baiknya untuk memahami prosedur membuat NIB.
NIB biasanya berada di atas sertifikat izin usaha yang sesuai dengan nomor spesifik lain yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, aplikasi NIB juga dapat Dilakukan di kantor Izin usaha setempat.
Pengertian NIB
NIB (Nomor Izin Berusaha) merupakan tanda kepemilikan bagi seorang pengusaha/wirausahawan yang diterbitkan oleh Online Single Mission (OSS). OSS sendiri memiliki tujuan dan kegunaan untuk mendaftarkan semua badan usaha yang ada dalam negeri. Sedangkan untuk sendiri pada umumnya berisikan 13 angka, NIB juga dapat dipergunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Angka Pengenal Importir (API) juga akses hak kepabeanan
Pentingnya NIB.
Terdapat sejumlah faktor yang membuat NIB penting demi berdirinya suatu badan usaha di negeri ini, berikut alasannya:
Apabila didapati sebuah perusahaan tidak memiliki izin untuk berusaha, maka pemerintah dapat menganggap perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang ilegal dan tidak bertanggung jawab. Apabila didapati suatu perusahaan tak memiliki izin usaha maka masyarakat juga bisa melaporkan perusahaan tersebut. Setiap PT Lokal dan Badan Usaha juga mungkin saja dibekukan atau dibubarkan pemerintah.
Kepemilikan NIB berarti bahwa bisnis tersebut telah diakui oleh pemerintah dan bisnis tersebut dilindungi oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku.
Bisnis dengan NIB di Indonesia terdaftar sebagai badan usaha milik negara. Pengakuan ini akan memberikan kepercayaan lebih kepada masyarakat atas segala kinerja dan aktivitas bisnis.
Tata Cara Membuat NIB
Untuk mempermudah, sebelum mendaftar NIB, pahami dulu bentuk usaha itu sendiri, dan badan usaha itu meliputi perorangan, usaha kecil, atau perusahaan dengan modal dalam dan luar negeri.
Dokumen Kelengkapan
- Nomor KTP/NIK pada badan usaha.
- Jika usaha dalam bentuk PT, maka dapat menggunakan AHU Online untuk mensertifikasi bisnis.
- Jika bisnis adalah perusahaan publik (perum), badan layanan umum, maka harus menyiapkan dasar hukum untuk pendirian.
- BP Jamsostek/BPJS Kesehatan.
- Persyaratan aplikasi NIB menurut jenis usaha
Badan Usaha Perseorangan:
- Nama pengusaha
- NIK pengusaha
- Bidang berusaha yang dilakukan
- Tempat menanam modal usaha
- Rencana Besaran menanam Modal
- Rencana menggunakan karyawan
- NPWP Pengusaha
- Nomor telepon Badan Usaha
- Rencana Permintaan Fasilitas usaha
Badan Usaha Non-Perorangan:
- Nama BU
- Jenis bidang BU
- Status penanaman modal
- Alamat korespondensi
- Besaran Rencana Penanaman Modal
- Negara Asal Penanam Modal, kalau ada orang luar yang menanam modal
- Maksud dan tujuan didirikannya BU
- Email BU
- Nomor akta pendirian atau nomor pendaftaran beserta pengesahannya
- Data para pengurus usaha dan pemegang saham
- Nomor telepon BU
- NPWP BU
Setelah mendapatkan NIB, pengusaha juga harus mendapatkan izin usaha dan izin komersial setra operasional.
Tergantung pada jenis produk yang diiklankan melalui sistem OSS, izin komersial dan operasi diberikan kepada BU untuk memenuhi standar bisnis, sertifikasi, lisensi dan/atau pendaftaran barang/jasa. Izin mulai berlaku setelah pengusaha menyelesaikan kontrak dan membayar biaya lisensi sesuai dengan ketentuan undang-undang.
Hal-hal yang Sebaiknya Diperhatikan Setelah Dapat NIB
Penting diketahui bahwa OSS terintegrasi menggunakan beberapa sistem dari kementerian lain, seperti Sekretariat AHU (Kemenkumham) dan KSWP (Kantor Pajak).
Untuk kelancaran proses pendaftaran, silakan periksa hal-hal berikut:
- Mohon dijelaskan maksud dan tujuan dari anggaran dasar perusahaan menurut Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 2020 atau KBLI 2020.
- Tempat usaha dengan izin lokasi, izin lokasi air, izin lingkungan dan IMB
- Mengisi SPT bagi pengusaha atau perwakilan perusahaan
- Setiap usaha yang tidak berdampak pada lingkungan atau memang berdampak pada lingkungan harus memiliki analisis mengenai dampak lingkungan.
Jika Anda sudah memiliki NIB dan izin usaha, maka bisnis akan lebih mudah dan lancar, memungkinkan pengusaha untuk menyelesaikan semua masalah terkait lisensi dengan mudah.
Kesimpulan
NIB ini sangat penting untuk keberlanjutan bisnis kami ke depan. Kepemilikan NIB berarti bahwa perusahaan telah diakui oleh pemerintah, dan NIB juga memfasilitasi semua masalah perizinan di masa depan.
Bisnis dengan NIB di Indonesia terdaftar sebagai perusahaan yang diakui secara nasional, dan bisnis tersebut juga dilindungi oleh undang-undang dan peraturan terkait sehingga publik dapat lebih percaya pada semua kinerja dan aktivitas bisnis.
Itulah pembahasan terkait dengan Prosedur Membuat NIB Badan Usaha yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat. Untuk yang hendak mendirikan lembaga/usaha, bisa mengakses laman www.sah.co.id, yang menyediakan layanan berupa pengurusan legalitas usaha. Sehingga, tidak perlu khawatir dalam menjalankan aktivitas lembaga/usaha.
Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi via pesan instan WhatsApp ke https://wa.me/628562160034. Selamat berbisnis!