Bank di Indonesia yang Tidak Memenuhi Syarat Pemenuhan Modal Akan di Merger Atau Likuidasi?

bank

Sah! – Setiap di Indonesia diberikan syarat pemenuhan modal inti sebesar Rp 3 triliun, dalam pemenuhan itu diberikan jangka waktu selama 1 tahun dan saat ini kurang lebih dari dua bulan lagi setiap harus memenuhi syarat tersebut.

Apabila tidak memenuhi syarat modal inti tersebut, Otoritas Jasa Keuangan () sebagai yang berwenang telah menyediakan opsi diantaranya , penurunan grade, bahkan bisa jadi sukarela.

adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang mengambil alih semua aset dan liabilitas dari perusahaan yang diambil alih.

biasanya dilakukan guna mewujudkan sistem perbankan yang sehat, efisien, dan mampu bersaing dalam era globalisasi ini.

Pengertian menurut Peraturan Pemerintah adalah penggabungan dari 2 (dua) atau lebih, dengan cara mendirikan baru dan membubarkannya tanpa me- terlebih dahulu.

ini sudah tidak asing lagi dalam dunia perbankan, yang terbaru terjadi antara syariah, PT. Syariah dan Syariah menjadi Syariah Indonesia ().

Selanjutnya, dari sisi hukum mengacu pada proses pembubaran perseroan terbatas. diartikan sebagai proses pemberesan harta kekayaan perseroan terbatas. ini dilakukan oleh likuidator yang dapat diangkat secara khusus.

wajib dilaksanakan jika perusahaan mengalami pembubaran yang terjadi berdasarkan keputusan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) karena jangka waktu berdirinya yang ditetapkan dalam anggaran dasar telah berakhir atau ditetapkan oleh pengadilan.

Selain itu, perusahaan dilakukan berdasarkan putusan pengadilan niaga yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, perusahaan tersebut dinyatakan pailit, dan dicabutnya izin usaha perusahaan tersebut. 

Itulah pembahasan terkait dengan yang tidak memenuhi syarat pemenuhan modal yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Source:

Peraturan Perundang-Undangan:

  • Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1999 tentang , Konsolidasi, dan Akuisisi
  • UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Jurnal:

  • Agus Prihartono PS, “Peraturan Penggabungan Usaha () sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan di Indonesia dalam Pembangunan Hukum Ekonomi Nasional”, AKTUALITA, Vol.1, No.1 (Juni) 2018.
  • Rheza Gozali dan Rosinta Ria Panggabean, “ dan Akuisisi, Dampaknya pada Likuiditas, Profitabilitas, Aktivitas, dan Solvabilitas: Bukti dari Bursa Efek Indonesia”, Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen.

Artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *