Bisnis  

Berkarir Sebagai Pengusaha Sukses, Berikut Caranya!

man holding his chin facing laptop computer

Sah! – Menjadi seorang pengusaha sebagai titik awal karir dapat dikatakan cukup menantang untuk beberapa orang. Sebab, menjalankan sebuah usaha atau bisnis tentu tidak semudah seperti membalikkan sebuah telapak tangan.

Menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku, adapun definisi dari pengusaha diatur melalui Undang-Undang tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Pada Pasal 1 angka 4 berbunyi, “Pengusaha adalah orang pribadi atau badan dalam bentuk apa pun yang dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya menghasilkan barang, mengimpor barang, mengekspor barang, melakukan usaha perdagangan, memanfaatkan barang tidak berwujud dari luar daerah pabean, melakukan usaha jasa, atau memanfaatkan jasa dari luar daerah pabean.

Melalui bunyi pasal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa seorang pengusaha secara hukum diatur dan diakui keberadaannya melalui peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Ada begitu banyak hal yang harus disiapkan dan dipertimbangkan untuk menjalankan suatu usaha. Mulai dari produk atau layanan apa yang diperdagangkan, bidang usaha apa yang dijalankan, persiapan biaya menjalankan bisnis, dan hal lainnya yang perlu dipertimbangkan.

Selain itu, tidak sedikit beberapa pengusaha yang mengalami kebangkrutan di tengah bisnisnya yang berujung memutuskan untuk gulung tikar.

Oleh karena itu, untuk terjun ke dalam dunia usaha atau bisnis tidak dapat sembarangan dan harus dipikirkan secara matang. Sebab, cukup banyak hal yang harus dipertaruhkan untuk menjadi seorang pengusaha terutama dalam hal keuangan. 

Melalui artikel ini, berikut akan dipaparkan beberapa cara atau tips yang dapat diikuti dalam rangka menjadi seorang pengusaha atau menjalankan suatu bisnis.

 

Memiliki kemampuan beradaptasi yang baik

Dunia usaha memiliki laju yang bergerak cepat dan mudah berubah. Sehingga, seorang calon pengusaha harus dapat menyesuaikan diri terhadap segala situasi atau kondisi yang berubah dengan cepat dan keputusan apa yang tepat untuk diambil atas situasi tersebut.

 

Memiliki sikap ingin terus belajar dan mengembangkan diri

Seseorang yang sukses memiliki sikap tidak pernah berhenti menimba ilmu, setiap harinya akan terus mempelajari hal baru. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghadiri sebuah seminar atau mengikuti program mentoring.

 

Memiliki mentalitas sebagai pekerja keras dan tekun

Menjadi seorang pengusaha, harus memiliki kepribadian yang tekun dan pekerja keras. Meskipun akan dihadapi dengan berbagai kegagalan yang datang nantinya, para calon pengusaha tidak akan mudah menyerah dalam menjalankan usahanya dan tetap konsisten dalam apa yang ia kerjakan.

 

Memiliki time management yang baik

Seorang pengusaha harus memiliki manajemen waktu yang baik agar dapat mengelola segala hal atau urusannya secara efektif tanpa membuang waktu yang banyak. Unsur yang penting dalam manajemen waktu meliputi mengutamakan tugas, mendelegasikan jika butuh, dan mempertahankan fokus.

 

Memiliki sikap tidak mudah menyerah

Sikap tidak mudah menyerah harus diterapkan oleh para calon pengusaha. Sebab, seseorang yang baru saja terjun ke dalam dunia usaha tidak menutup kemungkinan akan mengalami berbagai macam kegagalan dari percobaan pertamanya.

 

Menentukan visi dan tujuan bisnis yang dijalankan

Mengawali sebuah perjalanan karir tentu harus menentukan visi dan tujuan untuk diri sendiri agar apa yang dilakukan nantinya memiliki manfaat yang baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Tentunya, hal ini juga perlu diterapkan oleh para calon pengusaha.

 

Kemampuan mengelola finansial

Seorang pengusaha perlu memiliki pemahaman yang baik tentang keuangan. Hal ini meliputi pengelolaan anggaran, membuat keputusan keuangan, mengatur pemasukan dan pengeluaran anggaran, dan lain-lainnya.

 

Mengawali dari langkah kecil

Untuk mengambil langkah dalam dunia usaha, ada baiknya memulai bisnis dengan skala kecil terlebih dahulu. Dengan itu, hal tersebut dapat memberi kesempatan kepada para calon pengusaha untuk belajar terlebih dahulu tentang dunia usaha. Akan tetapi, dengan skala kecil seperti ini tentu para calon pengusaha harus tetap menerapkan strategi untuk usahanya.

 

Menyusun strategi yang tepat

Menyusun sebuah strategi dalam dunia usaha sangatlah penting. Sebab, dunia usaha dapat dikatakan merupakan ladang pekerjaan yang cukup kompetitif untuk terjun ke dalamnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis pesaing di pasar, melakukan strategi yang berbeda dan unik untuk mendekati pelanggan, dan masih banyak lagi.

 

Adanya pengembangan terhadap rencana bisnis

Dalam rangka membangun suatu bisnis, para calon pengusaha perlu menyusun rencana yang terstruktur agar segala ide yang dimilikinya dapat terwujud dan mendapat gambaran terkait usaha yang akan dijalankan.

Rencana tersebut dapat meliputi beberapa hal seperti bentuk produk atau layanan apa yang disediakan, lokasi bisnis yang akan dijalankan, waktu akan menjalankan bisnis tersebut, target pasar mana yang ditujukan, dan masih banyak lagi.

 

Membentuk tim yang tepat dan benar

Dalam hal menjalankan sebuah bisnis, tentu terdapat tim yang dapat diandalkan dan berkinerja baik. Oleh karena itu, menjalankan suatu bisnis perlu melibatkan tangan-tangan orang hebat untuk berkontribusi terhadap bisnis yang dijalankan. Sehingga, campur tangan beberapa orang hebat dapat mewujudkan cita-cita bisnis atau target yang diinginkan.

 

Melakukan pendekatan terhadap konsumen

Konsumen merupakan inti dari segalanya dalam dunia bisnis. Pengusaha harus mengutamakan kebutuhan dan keinginan para konsumennya dengan cara mendengarkan, beradaptasi, dan mencoba untuk melampaui ekspektasi para konsumen.

 

Membangun relasi atau jaringan

Menjalankan suatu bisnis tentu para calon pengusaha harus memiliki koneksi atau relasi kepada orang-orang tertentu yang dapat bantu mengembangkan usahanya.

Kini, segala akses teknologi atau internet yang tersedia dapat memudahkan segala urusan kita. Sebagai contoh, untuk membangun relasi tersebut dapat kita lakukan melalui online platform yang ada seperti LinkedIn, Instagram, X, dan aplikasi media sosial lainnya dalam bentuk mempromosikan diri.

Dengan beberapa informasi atau penjelasan yang telah dipaparkan terkait hal di atas, ditujukan untuk para calon pengusaha yang akan mulai menjalani karir melalui dunia usaha atau bisnis agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memulai bisnis nya.

Maka dari itu, penulisan ini bertujuan untuk meminimalisir kegagalan yang terjadi bagi para calon pengusaha dengan mempertimbangkan atau memikirkan secara matang beberapa tips di atas.

 

Sah! Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan layanan dalam bidang pengurusan legalitas merupakan penyedia layanan hukum yang tepat dalam rangka mendirikan suatu usaha atau bisnis bagi para calon pengusaha.

Bagi yang berkehendak mendirikan suatu lembaga atau usaha beserta mengurus izin atau legalitas dapat menghubungi nomor WhatsApp 0851 7300 7406 atau dapat mengunjungi situs laman Sah.co.id

 

Sumber:

Undang-Undang tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/7-tips-jitu-untuk-menjadi-pengusaha-sukses 

https://klikwpm.kukarkab.com/berita/artikel/15-tips-menjadi-pengusaha-sukses-dari-nol 

https://lifestyle.bisnis.com/read/20231028/254/1708765/15-tips-sukses-menjadi-pengusaha-muda

https://bisnis.tempo.co/read/1770488/8-tips-menjadi-pengusaha-sukses-di-usia-muda 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *