Fungsi Akta Penegasan Bagi PT Perorangan

Seperti Inilah Prosedur Tepat Mendaftarkan Izin Usaha Aktivitas Badan Internasional Dan Badan Ekstra Internasional Lainnya

menjadi salah satu dokumen yang kadang jadi masalah bagi . Meskipun pemerintah sudah menyampaikan untuk pendirian PT Perorangan cukup pakai surat pernyataan pendirian, namun dalam prakteknya masih ada pihak yang mengharuskan PT Perorangan untuk melampirkan .

Hal ini terjadi terutama saat masa awal peluncuran PT Perorangan. Banyak pihak yang masih belum faham mengenai aturan PT Perorangan yang bisa didirikan tanpa akta notaris. Salah satunya Kantor Pajak ketika hendak mendaftarkan NPWP untuk badan usaha PT Perorangan, dinas di daerah saat hendak mengurus perizinan, serta beberapa asosiasi perusahaan.

banner 728x90

Selain itu mudahnya pendirian PT Perorangan juga menjadi masalah baru, terutama karna belum adalah seleksi mengenai kebenaran data yang dikirim oleh pendiri PT Perorangan. Dikhawatirkan ada pihak nakal yang memanfaatkan kemudahan pendirian PT Perorangan untuk melakukan tindakan merugikan.

Adanya akta penegasan dari notaris menjadi jalan keluar bagi PT Perorangan dalam melancarkan legalitasnya. Selain itu adanya akta notaris juga menjadi nilai lebih dalam mendapatkan kepercayaan dari klien.

Apa Itu Akta Penegasan?

 Akta penegasan adalah salah satu dokumen resmi yang dibuat dihadapan notaris berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUH Perdata) dalam pasal 1870 dan HIR pasal 165 (Rbg 285) yang mempunyai kekuatan hukum mutlak dan mengikat.

Akta Penegasan dapat dijadikan bukti yang sempurna sehingga tidak perlu lagi dibuktikan dengan pembuktian lain selama ketidakbenarannya tidak dapat dibuktikan.

Berdasarkan KUH Perdata pasal 1866 dan HIR 165, akta notaris merupakan alat bukti tulisan atau surat pembuktian yang utama sehingga dokumen ini merupakan alat bukti persidangan yang memiliki kedudukan yang sangat penting.

Apa Fungsi Akta Penegasan?

  1. Akta penegasan sebagai fungsi formal yang mempunyai arti bahwa suatu perbuatan hukum akan menjadi lebih lengkap apabila di buat suatu akta. Sebagai contoh perbuatan hukum harus dituangkan dalam bentuk akta sebagai syarat formil yaitu perbuatan hukum yang disebutkan dalam pasal 1767 KUH Perdata mengenai perjanjian utang piutang. Minimal terhadap perbuatan hukum yang disebutkan dalam pasal 1767 KUH Perdata, disyaratkan adanya akta bawah tangan.
  2. Akta penegasan sebagai alat pembuktian di mana dibuatnya akta tersebut oleh para pihak yang terikat dalam suatu perjanjian di tujukan untuk pembuktian di kemudian hari.
  3. Akta bersifat autentik merupakan alat pembuktian yang sempurna bagi kedua belah pihak dan ahli warisnya serta sekalian orang yang mendapatkan hak darinya tentang apa yang di muat dalam akta tersebut.
  4. Akta autentik juga merupakan bukti yang mengikat berarti kebenaran dari hal- hal yang tertulis dalam akta tersebut harus diakui oleh hakim, yaitu akta tersebut dianggap sebagai benar selama kebenarannya itu tidak ada pihak lain yang dapat membuktikan sebaliknya.
  5. Sebaliknya akta di bawah tangan dapat menjadi alat pembuktian yang sempurna terhadap orang yang menandatangani serta para ahli warisnya dan orang- orang yang mendapatkan hak darinya hanya apabila tanda tangan dalam akta di bawah tangan tersebut di akui oleh orang terhadap siapa tulisan itu hendak dipakai (vide pasal 1857 KUH Perdata).

Hal Apa Saja yang Dimuat Dalam Akta Penegasan?

Akta Penegasan berisi profil PT Perorangan yang dibuat pendiri usaha dengan notaris dan disertai saksi-saksi yang didaftarkan ke Pengadilan Negeri setempat.

Dalam Akta Penegasan tercantum hal hal sebagai berikut.

  1. Tanggal pendirian perusahaan
  2. Bentuk dan nama perusahaan
  3. Nama para pendiri
  4. Alamat tempat usaha
  5. Tujuan pendirian usaha
  6. Besar modal usaha
  7. Kepengurusan dan tanggungjawab anggota pendiri usaha
  8. Tahun buku, dll.

Akta pendirian tersebut dibubuhi meterai, kemudian ditandatangani pendiri perusahaan, saksi dan notaris. Oleh notaris, akta tersebut didaftarkan ke pengadilan negeri setempat.

Bagaimana Cara Membuat Akta Penegasan?

Pembuatan akta penegasan dilakukan oleh notaris yang berwenang di seluruh wilayah negara Republik Indonesia untuk selanjutnya mendapatkan pesetujuan dari Menteri Kemenkumham.

Untuk membuat akta penegasan prosedurnya cukup mudah. Pertama tinggal melengkapi syarat pembuatan akta penegasan.

Selanjutnya akan diberikan draft akta penegasan dari PT Perorangan yang sudah berdiri. Jika pendiri sudah setuju baru akta akan diterbitkan. Biasanya proses penerbitan akta penegasan hanya memakan waktu 1-3 hari kerja.

Proses pembuatan akta penegasan bisa dilakukan secara langsung melalui notaris di kota/kabupaten, atau secara online kapan saja dan dimana saja melalui website www.sah.co.id

Berapa Biaya Membuat Akta Penegasan?

Biaya pembuatan akta penegasan tergantung notaris yang memprosesnya. Bisanya berkisar ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Namun biaya tersebut sudah sebanding dengan jaminan hukum dan kepercayaan terhadap perusahaan PT Perorangan.

Jika anda membutuhkan akta penegasan, bisa konsultasi dan hubungi tim www.sah.co.id melalui wa 0856 2160 034

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *