Jualan Online, Berikut Platform E-Commerce Yang Dapat Memudahkan Bisnis Anda!

person using laptop on lap

Sah! – Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satunya yaitu memanfaatkan wadah online untuk melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli melalui platform e-commerce.

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang seringkali masih berbelanja dengan mengunjungi toko offline dari produk yang ingin mereka beli. Hal ini turut menguras ongkos bepergian dan tenaga untuk mendatangi toko tersebut.

Akan tetapi, dengan kehebatan teknologi pada zaman sekarang maka beberapa orang dapat berbelanja sekedar dari rumah saja dengan membuka gadget yang dimiliki.

Hal ini tidak hanya menguntungkan pihak pembeli yang menghemat waktu dan tenaga, namun juga memberi keuntungan kepada pihak penjual yang dapat lebih mengoptimalkan penjualannya di dunia maya.

Dengan berdagang melalui toko online, dapat memberi kemudahan dalam berbisnis bagi para pemula. Selain itu, target pasar pada platform online memiliki jangkauan yang lebih luas karena cukup mudah untuk tersebar di dunia maya.

Tidak hanya itu, peran toko online di Indonesia memberi dampak yang cukup signifikan. Salah satunya yaitu meningkatkan kualitas transaksi bisnis yang meliputi penjualan produk dan jasa antar perusahaan, perusahaan dan konsumen (B2C), dan antar konsumen (C2C).

Selain itu, toko online juga membantu dalam menciptakan lapangan kerja baru yang bergerak dalam bidang logistik, teknologi informasi, pemasaran digital, dan pelayanan pelanggan.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini akan dipaparkan beberapa platform online yang dapat digunakan atau dimanfaatkan oleh para pemula untuk berbisnis di dunia maya.

 

Shopee

Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan sejak tahun 2015 dan berada di wilayah Asia Tenggara dan Taiwan yang menyediakan layanan berbelanja secara online dan mudah, aman, serta cepat.

Platform ini menyediakan fasilitas untuk penjual dengan menjual produknya dari berbagai macam kategori mulai dari barang elektronik, peralatan dapur, hingga pakaian laki-laki dan perempuan.

Dapat dikatakan bahwa Shopee sangat terkenal di beberapa negara seperti Filipina, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Melalui e-commerce ini, juga menyediakan layanan sistem garansi untuk melindungi kepuasan para pelanggannya.

 

Sirclo

Sirclo merupakan suatu perusahaan berbasis teknologi yang bergerak di bidang solusi e-commerce dan ditujukan untuk membantu bisnis kecil hingga menengah seperti UMKM serta perusahaan yang menjual barang dan layanannya secara online.

Sirclo telah berdiri sejak tahun 2013 dan telah melakukan pelayanan lebih dari 100.000 merek dalam mengembangkan bisnis online mereka.

Platform e-commerce ini menyediakan dua kategori penjualan online, antara lain yaitu Entrepreneur yang dimana merupakan toko online UMKM untuk melakukan kegiatan jual beli di berbagai platform seperti website, marketplace, dan chat commerce

Selain itu, kategori keduanya adalah Enterprise atau perusahaan yang dimana memberikan layanan e-commerce enabler melalui Sirclo Commerce serta solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui Icube by Sirclo.

 

Lazada

Lazada merupakan salah satu platform e-commerce yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Singapura dan telah didirikan sejak tahun 2011 oleh Rocket Internet.

Situs Lazada diluncurkan untuk pertama kalinya pada tanggal 27 Maret 2012 di negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Akibat dari peluncuran tersebut, hal ini sukses menarik perhatian sejumlah investor seperti Tesco, J.P. Morgan, dan Swedia Kinnevik.

 

GoStore

GoStore merupakan platform e-commerce dari perusahaan Gojek yang telah berdiri sejak tahun 2020 dan didukung oleh Moka.

Melalui platform e-commerce ini, menyediakan berbagai layanan dan fasilitas untuk membuat situs jual beli online milik sendiri yang terkoneksi dengan seluruh pengguna media sosial.

Selain itu, para penjual juga dapat mengawasi segala aktivitas bisnis harian mereka melalui Back Office Moka seperti mengecek laporan penjualan, stok yang tersedia, data pelanggan, sampai mengatur promosi untuk toko.

GoStore ditujukan untuk memberi kemudahan para wirausaha pada berbagai skala untuk membuat situs toko online nya dan memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi melalui GoStore.

 

Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan e-commerce lokal yang cukup sukses dalam bidangnya. Melalui platform ini, Tokopedia memberi bantuan dalam memberdayakan para penjual dan bisnis kecilnya untuk diperjualbelikan secara online.

Selain itu, e-commerce ini juga mendapatkan bantuan investasi yang cukup besar dari Softbank Jepang dan Sequoia Capital untuk memperluas cakupan dan meningkatkan pelayanan platform ini.

 

Shopify

Shopify atau Shopify Inc. merupakan platform e-commerce multinasional yang berasal dari Kanada dan telah digunakan oleh 175 negara serta menghasilkan penghasilan lebih dari USD 496 miliar dari penjualan yang dilakukan melalui Shopify.

Di Indonesia, Shopify dirilis pada tahun 2013 dan menyediakan layanan pembuatan toko online secara mudah dan lengkap.

Melalui platform e-commerce ini, penjual tidak perlu mengurus berbagai masalah teknis seperti memperbaiki situs atau mengurus kecepatan server karena telah menggunakan built-in website builder yang siap untuk dipakai.

 

Blibli

Blibli merupakan perusahaan e-commerce yang berdiri sejak tahun 2011 dan diperuntukkan untuk melakukan jual beli online seperti alat gadget hingga peralatan kecantikan.

Sama halnya dengan Tokopedia, bahwa perusahaan Blibli juga merupakan perusahaan e-commerce milik lokal dan dimiliki oleh orang Indonesia.

 

Ecwid

Ecwid adalah perusahaan e-commerce yang memberikan fasilitas untuk membuat toko online secara profesional tanpa adanya programmer dan desainer.

Melalui e-commerce ini, penjual dapat mengintegrasikan situs bisnis dengan aplikasi yang telah ada bersama Ecwid untuk mempromosikan bisnis secara lebih optimal.

 

Bukalapak

Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce yang berada di Indonesia dan didirikan sejak tahun 2010. Perusahaan ini telah melayani sekitar lebih dari 6 juta Pelapak, 5 juta mitra, dan 90 juta pengguna aktif.

Selain itu, pada tahun 2017 bahwa Bukalapak dinyatakan menyandang status unicorn. Sama halnya dengan platform lain, Bukalapak memiliki tujuan khusus yang dimana untuk melakukan pemberdayaan terhadap UMKM yang ada di Indonesia.

 

TokoTalk

TokoTalk merupakan platform e-commerce yang mendukung segala kegiatan para wirausaha dengan berbagai skala bisnis termasuk UMKM. melalui platform ini, menyediakan layanan dan fasilitas seperti koneksi seamless kepada seluruh keperluan penjual ketika jualan online.

Melalui artikel ini, bertujuan untuk memudahkan memberi pilihan platform e-commerce kepada para calon wirausaha yang ingin memulai bisnis usahanya masing-masing.

 

Sah! Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak memberi layanan dalam bidang pengurusan legalitas usaha, dapat membantu para calon wirausaha dalam mendirikan bisnisnya dengan mendaftarkannya agar sah di mata hukum.

Bagi yang berkehendak ingin mendirikan lembaga usaha atau mengurus legalitas usaha dapat menghubungi nomor WhatsApp 0851 7300 7406 atau dapat mengunjungi situs laman Sah.co.id

 

Source:

https://www.liputan6.com/tekno/read/4996673/5-platform-e-commerce-yang-bisa-bantu-umkm-tingkatkan-bisnis?page=3 

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6901923/dua-toko-online-ini-mudahkan-umkm-jualan 

https://bisnis.tempo.co/read/1707550/cerita-di-balik-mulai-beroperasinya-lazada-11-tahun-lalu

https://careers.shopee.co.id/about 

https://konigle.com/p/apa-itu-shopee 

https://www.online-pajak.com/seputar-efaktur-ppn/e-commerce-di-indonesia 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *