KBLI  

KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl, Bagaimana Langkah Mengurusnya

man in white long sleeve shirt and blue denim jeans standing on white metal ladder

Sah! – Kode KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl merupakan kode yang biasa digunakan sebagai KBLI untuk izin usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl,mencakup usaha pembuatan macam-macam barang dari bahan galian lainnya yang belum tercakup di tempat lain, seperti tepung kaolin, tepung gips, dan tepung talk.

KBLI 23990 Dipakai untuk Aktifitas Apa?

KBLI adalah kode pengenal yang dipublikasikan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) agar pedoman wirausaha saat menentukan bidang usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl agar tidak salah pilih dengan jenis KBLI yang lain.

Pebisnis Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl diwajibkan memilih kode KBLI 5 digit sebelum mendapatkan perizinan lebih lanjut.

Penentuan KBLI 23990 dalam menjalankan Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl menjadi penting karena sekarang pemerintah telah mengembangkan perizinan usaha berbasiskan risiko.

Masing-masing kegiatan bisnis yang dilaksanakan, berkas perizinan yang disyaratkan tergantung pada kategori risiko kegiatan usaha.

Risiko usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl bisa diketahui melalui kode KBLI yang telah disediakan

Apa Alasan Menentukan KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl

KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia) 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl penting untuk diketahui pebisnis Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl karena hal berikut.

  • Mempermudah pebisnis untuk memilih jenis usaha yang hendak dijalankan nantinya.
  • Sebagai syarat untuk mendaftarkan SIUP/TDP/NIB/Izin usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl, membuat NPWP, pengajuan BPJS, dan pengurusan perizinan yang lain.
  • Menjadi acuan besaran pajak dalam SPT Tahunan dan SPT Masa yang wajib disampaikan pelaku usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl ke Dirjen Pajak.
  • Mempengaruhi risiko usaha
  • Menentukan kewajiban perizinan usaha tambahan yang diperlukan. Seperti keanggotaan asosiasi, sertifikat kompetensi, sertifikat manajemen mutu dan perizinan di badan atau kementerian

Kode KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl Mencakup Apa Saja?

Kategori bisnis yang dilakukan dalam Kelompok ini mencakup usaha pembuatan macam-macam barang dari bahan galian lainnya yang belum tercakup di tempat lain, seperti tepung kaolin, tepung gips, dan tepung talk. Termasuk juga usaha pembuatan kertas penggosok (abrasive paper) dan gerinda, penajaman dan pengilapan batu dan batu abrasi atau penggosok baik alami atau buatan, batu korek api (lighter flint); bahan friksi dan barang tak berbingkai dengan bahan pokok substansi mineral atau selulosa; bahan penyekat dari mineral, seperti wol terak, wol batu dan jenis wol lainnya; exfoliated vermiculate, tanah liat yang dikembangkan dan sejenis penyekat dengan panas, bahan penyerap suara; barang dari berbagai substansi mineral, seperti mika dan barang dari mika, barang dari tanah gemuk (peat) sebagai bahan pembakar, barang dari grafit (barang elektris); barang dari aspal atau material sejenisnya, misalnya perekat berbahan dasar aspal, aspal karet alam, ter batu bara dan sebagainya; dan karbon dan serat grafit dan barang turunannya (kecuali elektroda dan peralatan elektris)..

Apakah KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl Bisa Dicampur dengan Kode KBLI Lain?

Di bawah ini pertimbangan KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia) yang bisa dijadikan satu bersamaan kode KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl.

  • Tidak mencampur KBLI perdagangan eceran dengan perdagangan besar.
  • Dilarang memasukkan KBLI Single Purpose dengan kode KBLI yang lain.
  • Jangan sampai menggabungkan KBLI Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl dengan KBLI yang berbeda bidang/tujuan jika disyaratkan hanya bisa untuk KBLI satu bidang.
  • Memastikan KBLI yang dijalankan sesuai dengan jenis pelaku usaha yang dipersyaratkan.
  • Pastikankode KBLI sesuai dengan kriteria skala usaha yang dijalankan.

Resiko Salah Pilih Kode KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl

Kalau salah dalam memilih KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl bisa menimbulkan akibat kurang baik untuk usaha yang terlaksana.

  • Usaha tidak bisa berjalan secara resmi karena perizinan tidak sejalan dengan kegiatan operasional bisnis.
  • Izin usaha tidak dapat diterbitkan karena membutuhkan kode KBLI yang tepat.
  • Berpotensi memperoleh teguran, peringatan, hukuman, maupun dicabutnya izin usaha dari dinas karena izin tidak efektif sesuai aktivitas bisnis.
  • Tidak dapat mengurus perizinan tambahan seperti izin operasional dan izin komersial.
  • Wajib mengulang pengurusan izin usaha dari awal, sehingga harus mengeluarkan biaya dan tenaga tambahan

Prosedur Memilih Kode KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl

Di saat memutuskan memakai KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl, ada sejumlah hal yang dapat dipahami. Berikut beberapa langkahnya.

  • Memeriksa kode KBLI dan bidang usaha yang berjalan pada Buku KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia) 2020 terbaru ataupun bisa diperiksa serta diperoleh melalui URL www.sah.co.id/kbli
  • Kegiatan usaha yang dijalankan adalah aktivitas Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl dengan detail pada Kelompok ini mencakup usaha pembuatan macam-macam barang dari bahan galian lainnya yang belum tercakup di tempat lain, seperti tepung kaolin, tepung gips, dan tepung talk. Termasuk juga usaha pembuatan kertas penggosok (abrasive paper) dan gerinda, penajaman dan pengilapan batu dan batu abrasi atau penggosok baik alami atau buatan, batu korek api (lighter flint); bahan friksi dan barang tak berbingkai dengan bahan pokok substansi mineral atau selulosa; bahan penyekat dari mineral, seperti wol terak, wol batu dan jenis wol lainnya; exfoliated vermiculate, tanah liat yang dikembangkan dan sejenis penyekat dengan panas, bahan penyerap suara; barang dari berbagai substansi mineral, seperti mika dan barang dari mika, barang dari tanah gemuk (peat) sebagai bahan pembakar, barang dari grafit (barang elektris); barang dari aspal atau material sejenisnya, misalnya perekat berbahan dasar aspal, aspal karet alam, ter batu bara dan sebagainya; dan karbon dan serat grafit dan barang turunannya (kecuali elektroda dan peralatan elektris)..
  • Menyesuaikan jenis pelaku usaha seperti jenis badan hukum atau perseorangan sebelum memilih dan menambah kategori usaha.
  • Memilih KBLI berdasarkan pada skala usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl yang dilaksanakan, mulai dari usaha skala mikro, skala kecil, menengah, dan skala besar. Apabila modal usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl dibawah satu miliar, maka tergolong dalam usaha mikro. Bagi usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl yang memiliki modal lebih dari satu miliar sampai lima miliar, usahanya termasuk dalam usaha skala kecil. Sedangkan untuk usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl skala menengah modalnya berkisar lima sampai sepuluh miliar. Sementara jika modal diatas sepuluh miliar akan termasuk dalam usaha skala besar.
  • menentukan lokasi yang tepat untuk menjalankan operasional usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl karena tidak seluruh wilayah dapat dipergunakan untuk melaksanakan usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl.

Itulah penyampaian mengenai KBLI 23990 Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl, diharapkan bisa memudahkan pelaku usaha ketika membuat izin usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl.

Jika membutuhkan konsultan pengurusan izin usaha Industri Barang Galian Bukan Logam Lainnya Ytdl bisa hubungi WA 0856 2160 034 atau dapat melalui portal Sah.co.id