Peran Notaris dalam Pembuatan Akta Pada Perseroan Terbatas

brown wooden chess piece on brown book

Sah! – Profesi memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dikarenakan profesi ini merupakan salah satu profesi yang kewenangannya telah diatur dan ditentukan di dalam Undang-Undang. 

Dalam hal kaitannya dengan (), di dalam menjalankan kegiatannya dimulai dari proses awal , proses operasional hingga ketika perusahaan dinyatakan harus dilikuidasi pun, memiliki peranan yang sangat penting dalam membuat berbagai jenis terhadap .

Berdasarkan , merupakan otentik yang dibuat oleh dan atau dihadapan menurut bentuk dan tata cara yang ditetapkan di dalam undang-Undang ini. 

Jika berbicara mengenai Peranan dalam Pembuatan pada , Berdasarkan tentang , terdapat 7 (Tujuh) jenis yang merupakan kewenangan seorang untuk membuatnya, yakni meliputi: 

Sebuah , untuk dapat menjalankan usahanya, maka sebuah haruslah membuat sebuah yang harus didaftarkan dan disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Adapun definisi dari merupakan bukti tertulis yang berkaitan dengan proses untuk mendirikan yang meliputi anggaran dasar dan keterangan lain yang berkaitan dengan perseroan seperti informasi mengenai identitas dari pendiri pada perseroan, dll. 

  1. Perubahan Anggaran Dasar

Perubahan Anggaran Dasar merupakan sebuah yang dibuat dimuka dan di hadapan yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan mengatur kembali substansi anggaran dasar .

  1. Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan

Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan merupakan yang dibuat dimuka dan dihadapan dalam perihal sebuah mengalami restrukturisasi perusahaan.

  1. Pengambilalihan Saham

Pengambilalihan Saham merupakan sebuah yang dibuat dimuka dan dihadapan untuk memuat ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan pemindahan saham sebuah .

  1. Peleburan

Peleburan merupakan yang dibuat dimuka dan di hadapan yang memuat ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan penggabungan atau penyatuan dari sebuah .

  1. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) merupakan yang dibuat dimuka dan dihadapan yang memuat mengenai ketentuan-ketentuan hasil dari kesepakatan RUPS.

  1. Pembubaran  

Pembubaran merupakan yang dibuat dimuka dan dihadapan yang memuat ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan penghapusan atau penghentian dari sebuah .

Itulah pembahasan terkait dengan peran dalam pembuatan pada yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat. Apabila hendak konsultasi terkait dengan legalitas usaha atau bisnis, bisa mengakses laman www.sah.co.id, yang menyediakan layanan berupa pengurusan legalitas usaha. Sehingga, tidak perlu khawatir dalam menjalankan aktivitas lembaga/usaha.

Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi via pesan instan WhatsApp ke https://wa.me/628562160034.

Author: Putri Ariqah

Editor: Gian Karim Assidiki

 

Source:

  • tentang Jabatan
  • H. Salim, Peraturan Jabatan , Sinar Grafika, Jakarta, 2018. Halaman 36.
  • Salim HS, dkk, Perancangan Kontrak & Memorandum of Understanding, Sinar Grafika, Jakarta, 2011. Halaman 33.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *