Peran OJK Dalam Pengawasan Investasi di Indonesia

Wajib tahu! ternyata ini peranan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pengawasan investasi yang ada di Indonesia.
Wajib tahu! ternyata ini peranan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pengawasan investasi yang ada di Indonesia.

Sah! – Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi adalah aktivitas penanaman modal/uang atau aset berharga dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Investasi merupakan faktor strategis dalam pembangunan perekonomian di Indonesia.

Investasi merupakan bentuk kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Dalam wilayah hukum Indonesia, kegiatan investasi diawasi oleh Lembaga Negara yang bernama Otoritas Jasa Keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga Negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

Lembaga ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Otoritas Jasa Keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan jasa keuangan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, serta mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Dengan tujuan ini, OJK diharapkan dapat mendukung kepentingan sektor jasa keuangan nasional sehingga mampu meningkatkan daya saing nasional.

Selain itu, OJK harus mampu menjaga kepentingan nasional, antara lain, meliputi sumber daya manusia, pengelolaan, pengendalian, dan kepemilikan di sektor jasa keuangan, dengan tetap mempertimbangkan aspek positif globalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *