Reformasi Regulasi: Untuk Meningkatkan Kemudahan Berusaha di Indonesia

man in blue dress shirt beside man in white dress shirt

Sah! – Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan iklim investasi dan kemudahan berusaha di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan reformasi regulasi. Reformasi regulasi bertujuan untuk menyederhanakan dan mempermudah perizinan berusaha, serta menciptakan ekosistem bisnis yang kondusif.

“Pemerintah Indonesia menyadari bahwa implementasi kebijakan perizinan usaha berbasis risiko, persyaratan dasar dan persyaratan investasi masih menghadapi berbagai kendala dan tantangan, baik dalam hal sinkronisasi regulasi perizinan usaha, penyempurnaan sistem Online Single Submission (OSS). Selanjutnya, terdapat pula permasalahan dalam pelaksanaan pemeriksaan berbasis risiko, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah, dan peningkatan pemahaman publik yang memadai atas kebijakan Berbasis Risiko,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Reformasi regulasi merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia. Reformasi regulasi memberikan banyak manfaat bagi pengusaha dan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.

Apa Manfaat Reformasi Regulasi? 

Reformasi regulasi memberikan banyak manfaat bagi pengusaha di Indonesia, antara lain:

  • Mempermudah proses perizinan berusaha: Reformasi regulasi menyederhanakan dan mempercepat proses perizinan berusaha. Pengusaha dapat mengajukan izin usaha secara online melalui OSS (Online Single Submission) tanpa perlu datang ke kantor pemerintah.
  • Meningkatkan kepercayaan investor: Reformasi regulasi meningkatkan kepercayaan investor terhadap iklim investasi di Indonesia. Hal ini mendorong masuknya investasi baru dan meningkatkan peluang usaha.
  • Meningkatkan daya saing: Reformasi regulasi meningkatkan daya saing pengusaha Indonesia di pasar global. Pengusaha dapat lebih mudah untuk bersaing dengan pengusaha dari negara lain.
  • Menciptakan lapangan kerja: Reformasi regulasi mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Bagaimana Upaya Pemerintah dalam Melakukan Reformasi Regulasi ?

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya dalam melakukan reformasi regulasi, antara lain:

  • Menerbitkan Undang-Undang Cipta Kerja: Undang-Undang Cipta Kerja merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyederhanakan regulasi dan meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia.
  • Meluncurkan OSS (Online Single Submission): OSS merupakan platform online yang memudahkan pengusaha untuk mengajukan izin usaha.
  • Membentuk Satgas Percepatan Berusaha: Satgas Percepatan Berusaha bertugas untuk membantu pengusaha dalam menyelesaikan permasalahan perizinan berusaha.

Alasan pengusaha mendukung reformasi regulasi:

Mempermudah proses perizinan berusaha: Reformasi regulasi menyederhanakan dan mempercepat proses perizinan berusaha. Pengusaha dapat mengajukan izin usaha secara online melalui OSS (Online Single Submission) tanpa perlu datang ke kantor pemerintah. Hal ini menghemat waktu dan biaya pengusaha.

Meningkatkan kepercayaan investor: Reformasi regulasi meningkatkan kepercayaan investor terhadap iklim investasi di Indonesia. Hal ini mendorong masuknya investasi baru dan meningkatkan peluang usaha.

Meningkatkan daya saing: Reformasi regulasi meningkatkan daya saing pengusaha Indonesia di pasar global. Pengusaha dapat lebih mudah untuk bersaing dengan pengusaha dari negara lain.

Menciptakan lapangan kerja: Reformasi regulasi mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Namun, ada beberapa pengusaha yang masih memiliki kekhawatiran terhadap reformasi regulasi, antara lain:

Ketidakjelasan aturan: Beberapa pengusaha masih belum memahami aturan baru yang diterapkan dalam reformasi regulasi. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam mengurus perizinan berusaha.

Keberpihakan pada pengusaha besar: Beberapa pengusaha khawatir bahwa reformasi regulasi lebih berpihak pada pengusaha besar daripada pengusaha kecil dan menengah.

Implementasi yang belum optimal: Implementasi reformasi regulasi di lapangan masih belum optimal. Hal ini menyebabkan beberapa pengusaha masih mengalami kesulitan dalam mengurus perizinan berusaha.

Secara keseluruhan, pengusaha mendukung reformasi regulasi di Indonesia. Namun, pemerintah perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatasi kekhawatiran pengusaha. 

Pemerintah perlu melakukan sosialisasi yang lebih gencar mengenai aturan baru yang diterapkan dalam reformasi regulasi. Pemerintah perlu memastikan bahwa reformasi regulasi berpihak pada semua pengusaha, baik pengusaha besar maupun pengusaha kecil dan menengah. Pemerintah perlu memperkuat implementasi reformasi regulasi di lapangan agar pengusaha dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.

Dengan mengatasi kekhawatiran pengusaha dan melakukan langkah-langkah di atas, pemerintah dapat meningkatkan efektivitas reformasi regulasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sah! menyediakan layanan berupa pengurusan legalitas usaha serta pembuatan izin HAKI termasuk pendaftaran hak cipta. Sehingga, tidak perlu khawatir dalam menjalankan aktivitas lembaga/usaha. 

 

Untuk yang hendak mendirikan lembaga/usaha atau mengurus legalitas Hubungi WA 0851 7300 7406 atau dapat kunjungi laman Sah.co.id sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

 

Sumber Informasi : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *