Bisnis  

Seluk Beluk Bisnis Real Estate, Pahami Hukumnya!

white-and-red houses

Sah!- Bisnis di Indonesia semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam bisnis yang dijalankan oleh setiap individu, salah satunya bisnis real estate. Lalu, apakah bisnis real estate ini telah diberikan legalitas di Indonesia? Mau tau penjelasan lengkapnya? Mari, simak seksama artikel ini!.

Saat ini, berbagai macam bisnis telah berkembang pesat di Indonesia. Peningkatan bisnis seakan – akan telah melekat dalam kehidupan sehari – hari bagi setiap individu yang menjalankannya. Menjalankan bisnis di Indonesia merupakan suatu kesempatan emas sekaligus peluang untuk mendapatkan kesejahteraan di bidang perekonomian sehingga berbisnis dapat dilakukan oleh berbagai kalangan. 

Berbisnis dewasa ini dapat dilakukan oleh berbagai macam kalangan, baik kalangan muda hingga kalangan tua masih rajin untuk menjalankan bisnis. 

Bisnis yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia, salah satunya adalah bisnis pengembangan real estate. Sederhananya real estate merupakan bisnis di bidang properti. Banyak individu yang memilih untuk menjalankan bisnis real estate sebab telah banyak manfaat yang diperolehnya. 

Sementara itu, ketika menjalankan suatu bisnis terutama bisnis real estate tentunya ingin mendapatkan perlindungan hukum. Maka dari itu setiap pengembangan bisnis harus memperoleh legalitasnya agar meminimalisir risiko yang berkaitan dengan pelabelan bisnis ilegal. 

Pengertian Real Estate

Pelaksanaan bisnis real estate merupakan suatu daya tarik berbisnis di bidang jual beli tanah sekaligus bangunan di atasnya.. 

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK memberikan pengertian terkait real estate, yakni suatu lahan yang di dalamnya termasuk tanah beserta bangunan di atasnya berupa benda secara fisik yang telah melekat di atas tanah tersebut. Benda secara fisik melekat pada tanah, meliputi gedung beserta pagar pembatas dan bangunan fisik lainnya. 

Tidak hanya itu, segala sumber daya yang berada di atas tanah tersebut, berupa air, batuan, jalanan, dan lain sebagainya juga termasuk bagian dari real estate. 

Hingga saat ini telah banyak bisnis real estate yang dijalankan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, hal yang paling biasa dikenali dari bisnis real estate ini sebagai bisnis komersial, perumahan, dan industri. 

Jenis Real Estate

Secara umum, suatu tanah yang dijadikan objek dalam berbisnis real estate diklasifikasikan atas 3 (tiga) bagian, antara lain : 

1. Residential

Bisnis real estate terdiri dari residential adalah suatu bangunan maupun gedung yang telah difungsikan sebagai tempat tinggal. Residential dapat berupa rumah susun, villa, perumahan, apartemen, kondomonium, dan lain sebagainya. Setelah residential dijalankan, biasanya juga terdapat bisnis – bisnis kecil pengikutnya, seperti minimarket, dan lain – lain.

2. Commercial

Commercial merupakan suatu bagian dari wujud bisnis real estate yang memiliki kegunaan sebagai kepentingan komersial sekaligus bertujuan untuk memperoleh profit ataupun laba. Kegiatan berbisnis ini berupa pengembangan bangunan untuk komersialisasi hotel dengan tujuan untuk menerima keuntungan

3. Industrial

Kemudian bisnis real estate, yakni industrial, sebagai wujud adanya bidang usaha tertentu berupa pendirian pabrik, gudang tertentu, dan terminal. 

Wujud Bisnis Real Estate

Bisnis real estate telah banyak dijalankan oleh masyarakat di Indonesia dengan wujud yang berbagai macam sesuai ketertarikan masyarakat yang menjalankannya, antara lain : 

1. Perumahan

Perumahan sebagai salah satu pelaksanaan bisnis real estate yang telah umum dan banyak dijalankan oleh masyarakat. Para pebisnis bidang real estate memiliki daya tarik yang luar biasa pada perumahab, sebab perumahan sendiri banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat luas. 

Maka dari itu, kebutuhan akan tempat tinggal membuat harga perumahan bertahap meningkat secara pasti setiap tahunnya. Hal demikian menjadi peluang bagi para pebisnis real estate untuk terus mengembangkan bisnis perumahan.

2. Kawasan Industri

Kemudian, terdapat pula kawasan industri sebagai wujud bisnis real estate yang mencakup bisnis di bidang usaha tertentu, seperti pengembangan pabrik, gudang, dan lain sebagainya. Selain perumahan, berbisnis bidang industri dapat meningkatkan perolehan keuntungan bagi para pebisnis.

3. Area Komersial

Area komersial juga merupakan wujud bisnis real estate yang meliputi minimarket, toko kelontong, dan lain sebagainya. Bisnis komersial ini juga telah banyak dijalankan karena dinilai sebagai bisnis yang mudah dan keuntungan yang didapatkan juga lumayan memberikan kepuasan bagi pebisnis yang menjalankannya. 

4. Area Perkantoran

Bisnis real estate yang dapat diwujudkan pula, yakni bisnis dalam perkantoran. Maksudnya adalah dapat disediakannya kantor – kantor yang dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan yang sedang menjalankan bisnisnya sehingga harus mencari gedung kantor yang baru. Maka dari itu, area perkantoran sebagai salah satu wujud bisnis real estate dengan keuntungan yang lumayan menjanjikan bagi para pelaksana bisnis ini. 

Hukum Pelaksanaan Bisnis Real Estate

Pelaksanaan bisnis real estate juga telah memiliki payung hukum atas pelaksanaannya. Pelaksanaan bisnis real estate memiliki proses dan tahapan yang sangat panjang. Oleh karena itu, hal demikian mengenai bisnis real estate diatur dalam hukum secara khusus sehingga akan memberikan kepastian hukum bagi pelaksana bisnis real estate dan pelanggan. 

Hal yang mengatur terkait bisnis real estate, seperti hukum terkait peroleh hak milik tanah di Indonesia, aturan persyaratan dan perizinan real estate sebagai legalitasnya, aturan terkait perpajakan yang dikenakan saat transaksi real estate, dan penentuan proses penyelesaian apabila telah terjadi sengketa – sengketa terkait pengembangan bisnis real estate ini. 

Anda masih mencari artikel yang memuat berita terbaru soal politik, hukum, bisnis dan lainnya di tahun 2024?. Sekaligus anda menyukai setiap artikel yang ada di website ini dan ingin lebih banyak dapat artikel yang bisa menarik daya baca anda?. Yuk segera klik di google website kami sah.co.id. Dalam website kami akan tersedia berbagai artikel – artikel dengan  topik yang anda suka. Anda dapat mengaksesnya secara gratis ya!. Buruan jangan sampai ketinggalan update dari kami! 

Nah. Anda ingin menjadi pebisnis?. Mau buka bisnis tapi masih pemula. Bingung bagaimana saja caranya?. Kabar baik bagi Anda tentunya, ada laman yang menyediakan konsultasi bisnis usaha secara gratis lho! 

Bisa kunjungi laman sah.co.id. SAH telah berhasil melayani kebutuhan pebisnis terutama bagi pemula ya, seperti pendaftaran merek, pencatatan hak cipta, perizinan, pendirian perseroan terbatas, dan masih banyak lagi. Berminat? Segera hubungi WA 0856 2160 034 atau dapat kunjungi laman Sah.co.id 

 

Source

Pengertian Real Estate: Jenis-jenis dan Keuntungan Usaha Real Estate https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-real-estate/

Hukum Yang Mengatur Transaksi Real Estate Di Indonesia https://www.linkedin.com/pulse/hukum-yang-mengatur-transaksi-real-estate-di-resmi-/?originalSubdomain=id

Pengertian Usaha Real Estate, Jenis, Contoh, Beserta Tips Melakukannya https://www.jurnal.id/id/blog/usaha-real-estate-adalah-sbc/

Tertarik Bisnis Real Estate? Yuk Simak Pengertian dan Jenis – Jenisnya https://money.kompas.com/read/2022/02/23/063000326/tertarik-bisnis-real-estate-yuk-simak-pengertian-dan-jenis-jenisnya?page=all

Mengenal Bisnis Real Estate, dan Bentuk – Bentuknya https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-113269-bisnis-real-estate-id.html

Real Estate : Bedanya dengan Properti dan Cara Investasi https://www.ocbc.id/id/article/2022/09/29/real-estate-adalah

Mengenal Bisnis Real Estate yang Makin Gurih? Bedanya Dengan Properti https://katadata.co.id/redaksi/ekonopedia/629d35148bfa1/mengenal-bisnis-real-estat-yang-makin-gurih-bedanya-dengan-properti

Mengenal Keuntungan dan Kerugian Real Estate dalam Berbisnis https://www.idntimes.com/business/economy/rizna-m-hidayah/mengenal-keuntungan-dan-kerugian-real-estate-dalam-berbisnisbr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *