KBLI  

Kode KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game, Termasuk Apa Saja?

Kode KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game biasa digunakan sebagai KBLI untuk izin usaha Aktivitas Pengembangan Video Game, mencakup kegiatan pengembangan video game, seperi kegiatan desain konsep game, pengembangan piranti lunak video game, pembuatan aset grafis, pembuatan animasi yang berkaitan dengan video game, pembuatan suara dan musik, pengujian video game, dan dukungan lainnya untuk video game..
Kode KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game biasa digunakan sebagai KBLI untuk izin usaha Aktivitas Pengembangan Video Game, mencakup kegiatan pengembangan video game, seperi kegiatan desain konsep game, pengembangan piranti lunak video game, pembuatan aset grafis, pembuatan animasi yang berkaitan dengan video game, pembuatan suara dan musik, pengujian video game, dan dukungan lainnya untuk video game..

Sah! – Kode KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game biasa digunakan sebagai KBLI untuk izin usaha Aktivitas Pengembangan Video Game, mencakup kegiatan pengembangan video game, seperi kegiatan desain konsep game, pengembangan piranti lunak video game, pembuatan aset grafis, pembuatan animasi yang berkaitan dengan video game, pembuatan suara dan musik, pengujian video game, dan dukungan lainnya untuk video game..

KBLI 62011 Dipakai untuk Apa?

KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia) merupakan kode klasifikasi yang dirilis oleh BPS (Badan Pusat Statistik) yang berfungsi untuk pedoman pengusaha pada saat menentukan bidang usaha Aktivitas Pengembangan Video Game supaya tidak keliru dengan kategori KBLI yang lain.

Pengusaha Aktivitas Pengembangan Video Game diwajibkan memilih kode KBLI lima digit sebelum mendapatkan perizinan lebih jauh.

Penentuan KBLI 62011 ketika melaksanakan Aktivitas Pengembangan Video Game adalah hal yang wajib sebab saat ini pemerintah sudah menerbitkan izin berusaha berdasarkan risiko.

Seluruh aktivitas bisnis yang dijalankan, surat perizinan yang disyaratkan bergantung oleh jenis risiko kegiatan usaha.

Risiko usaha Aktivitas Pengembangan Video Game bisa ditentukan melalui kode KBLI yang telah tersedia

Pertimbangan Kenapa Harus Memilih KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game

KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game penting untuk diketahui pebisnis Aktivitas Pengembangan Video Game karena alasan dibawah ini.

  • Memudahkan pebisnis untuk memilih bidang usaha yang hendak dijalankan nantinya.
  • Menjadi persyaratan untuk mengajukan SIUP/TDP/NIB/Izin usaha Aktivitas Pengembangan Video Game, pengurusan NPWP, pengajuan BPJS, dan pendaftaran perizinan yang lain.
  • Menjadi acuan besarnya pajak di SPT Tahunan dan SPT Masa yang harus dibayarkan pelaku usaha Aktivitas Pengembangan Video Game ke Dirjen Pajak.
  • Menentukan risiko usaha
  • Menjadi acuan jenis izin usaha tambahan yang dibutuhkan. Contohnya sertifikat asosiasi, sertifikat kompetensi, sertifikat manajemen mutu dan perizinan di badan atau kementerian

KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game Mencakup Apa Saja?

Aktivitas usaha yang dilakukan dalam Kelompok ini mencakup kegiatan pengembangan video game, seperi kegiatan desain konsep game, pengembangan piranti lunak video game, pembuatan aset grafis, pembuatan animasi yang berkaitan dengan video game, pembuatan suara dan musik, pengujian video game, dan dukungan lainnya untuk video game..

Apakah KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game Dapat Dicampur dengan Kode KBLI Lain?

Berikut pertimbangan KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia) yang bisa dicampur dengan KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game.

  • Jangan sampai mencampur KBLI perdagangan eceran dengan perdagangan besar.
  • Dilarang memasukkan KBLI Single Purpose dengan kode KBLI lainya.
  • Jangan menggabungkan kode KBLI Aktivitas Pengembangan Video Game dengan KBLI yang berbeda bidang/tujuan jika disyaratkan hanya bisa untuk KBLI satu bidang.
  • Pastikan kode KBLI yang dijalankan sesuai dengan jenis pelaku usaha yang dipersyaratkan.
  • MemastikanKBLI sesuai dengan kriteria skala usaha yang dilaksanakan.

Jangan Salah Memilih Kode KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game

Jika keliru dalam memilih KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game dapat berefek tidak baik untuk bisnis yang terlaksana.

  • Usaha tidak bisa beroperasi secara legal disebabkan izinnya bertentangan dengan aktivitas komersial usaha.
  • perizinan usaha tidak bisa disetujui karena membutuhkan kode KBLI yang tepat.
  • Risiko menerima teguran, surat peringatan, hukuman, bahkan dibatalkannya izin usaha dari kementerian disebabkan perizinan tidak efektif sesuai aktivitas usaha.
  • Tidak dapat mengurus izin usaha tambahan seperti izin operasional dan izin komersial.
  • Diwajibkan mengurus ulang izin usaha dari awal, sehingga harus mengeluarkan biaya dan tenaga tambahan

Mekanisme Menentukan KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game

Di saat memilih untuk menggunakan KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game, ada sejumlah hal yang bisa dipahami. Diantaranya sebagai berikut.

  • Memeriksa kode KBLI dan aktivitas usaha yang beroperasi pada Pedoman KBLI 2020 terbaru ataupun dapat dicek serta unduh melalui link www.sah.co.id/kbli
  • Kategori usaha yang dijalankan merupakan kegiatan Aktivitas Pengembangan Video Game yang dalam Kelompok ini mencakup kegiatan pengembangan video game, seperi kegiatan desain konsep game, pengembangan piranti lunak video game, pembuatan aset grafis, pembuatan animasi yang berkaitan dengan video game, pembuatan suara dan musik, pengujian video game, dan dukungan lainnya untuk video game..
  • Mempertimbangkan kategori pelaku usaha seperti jenis badan atau perseorangan sebelum memilih dan mengembangkan aktivitas usaha.
  • Tentukan kode KBLI sesuai besarnya omset usaha Aktivitas Pengembangan Video Game yang beroperasi, mulai dari usaha berskala mikro, kecil, skala menengah, dan skala besar. Apabila modal usaha Aktivitas Pengembangan Video Game kurang dari satu miliar, maka tergolong dalam usaha mikro. Bagi usaha Aktivitas Pengembangan Video Game yang memiliki modal lebih dari satu miliar sampai lima miliar, usahanya termasuk dalam usaha skala kecil. Sedangkan untuk usaha Aktivitas Pengembangan Video Game skala menengah modalnya berkisar lima sampai sepuluh miliar. Sementara jika modal diatas sepuluh miliar akan tergolong dalam usaha skala besar.
  • memutuskan tempat yang tepat untuk menjalankan kegiatan usaha Aktivitas Pengembangan Video Game dikarenakan tidak seluruh wilayah dapat digunakan untuk menjalankan usaha Aktivitas Pengembangan Video Game.

Walaupun menentukan kode KBLI 62011 Aktivitas Pengembangan Video Game membutuhkan berbagai pertimbangan seperti syarat dan kewajibannya. Namun setelah mempunyai kode KBLI yang sesuai, usaha menjadi lebih aman serta mendapat perlindungan dari pemerintah.

Jika membutuhkan konsultan untuk mengurus izin usaha Aktivitas Pengembangan Video Game bisa hubungi Whatsapp 0856 2160 034 atau dapat via situs Sah.co.id