KBLI  

Hal-hal Penting yang Perlu Anda Pahami Tentang KBLI 2020

Syarat Membuat Koperasi yang Harus Dipenuhi

Saat Anda telah memiliki badan usaha maupun perusahaan, KBLI jadi hal penting untuk mengklasifikasikan aktivitas ekonomi yang Anda lakukan. Seiring semakin beragamnya jenis usaha terutama perdagangan maka KBLI perlu diperbaharui dari tahun ke tahun. Kali ini, pembahasan akan fokus pada KBLI 2020.

Apa saja cakupan dan fungsi dari ? Bagaimana prinsip pengelompokannya? Aktivitas ekonomi apa saja yang termasuk dalam KBLI? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa segera Anda ketahui dengan menyematkan penjelasan berikut.

banner 728x90

KBLI 2020

Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dalam segala aktivitas ekonomi diberi pengkodean yang kemudian diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS). KBLI selalu mendapatkan penyempurnaan karena adanya perkembangan aktivitas ekonomi. 

KBLI 2020 tentunya merupakan penyempurnaan dari KBLI di tahun-tahun sebelumnya, tepatnya KBLI 2015. Pembahasan terkait penyempurnaan KBLI adalah dilakukan oleh berbagai unit kerja dan instansi-instansi terkait lalu kemudian disosialisasikan melalui lingkup internal dan eksternal BPS.

Tujuan KBLI lebih banyak untuk kebutuhan analisis ekonomi yang nantinya akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di bidang ekonomi. Tujuan lainnya yaitu untuk penentuan bidang usaha pada Online Single Submission (OSS) dalam proses perizinan usaha secara online.

Pentingnya KBLI untuk Izin Usaha

Pemilihan kode KBLI yang tepat menjadi syarat wajib ketika Anda ingin mendirikan suatu perusahaan. Kode KBLI akan memperjelas sektor bisnis yang Anda kelola nantinya. Kode KBLI harus Anda sesuaikan dengan model bisnis perusahaan.

Melalui OSS Anda kemudian akan mengajukan perizinan usaha dan nantinya akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Setelah mendapatkan NIB Anda sudah bisa mengajukan perizinan usaha. 

Segala bentuk dan jenis usaha harus mendaftarkan izin usaha melalui OSS. Kecuali, perusahaan yang bergerak pada bidang energi dan sumber daya mineral dan bidang keuangan.

KBLI penting dalam rangka penyeragaman aktivitas ekonomi atau kegiatan usaha yang dikelompokkan dalam sebuah klasifikasi atau penggolongan. Acuan dari KBLI ini dipakai dalam penentuan NIB maupun pembuatan Akta Perusahaan.

Perlu diperhatikan bahwa kode KBLI yang Anda gunakan haruslah tepat. Saat kode KBLI salah maka Anda akan memperoleh izin usaha yang tidak cocok atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena tiap jenis usaha punya kode KBLI tertentu dan spesifik.

Prinsip Pengklasifikasian dalam KBLI

Penentuan kategori atau kriteria dari setiap jenis usaha mempertimbangkan banyak faktor yang salah satunya yaitu potensi penggunaan klasifikasi dan ketersediaan data. 

Penentuan kriteria juga akan bergantung pada tingkat agregasi. KBLI mengelompokkan tiap industri secara lebih spesifik dan rinci berdasarkan kesamaan aktivitas ekonomi, dan mempertimbangkan jalannya proses produksi, teknologi yang dipakai serta karakteristik input juga output dalam produksi barang atau jasa.

Pengelompokan aktivitas ekonomi dalam KBLI harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Produksi barang maupun jasa harus memiliki ciri suatu kelompok yang diberikan, terutama ciri output dan input dari unit dalam kelompok tersebut.
  2. Kelompok klasifikasi mencakup unit-unit yang memproduksi barang dan jasa yang merupakan ciri kelompok tersebut. Hal ini bertujuan agar unit yang sejenis dapat diklasifikasikan secara spesifik dan nantinya mempermudah pengenalan jenis aktivitas ekonomi dalam kelompok tersebut.

Contoh KBLI untuk Beberapa Sektor Usaha

Ilustrasi Usaha Kemasan

Daftar kode KBLI 2020 tentunya akan sangat panjang jika harus diurai satu per satu. Berikut contoh KBLI untuk beberapa bidang usaha.

  1. Industri Makanan dan Masakan Olahan

Kode KBLI untuk industri ini adalah 1075. Beberapa subgolongan yang termasuk dalam industri ini yaitu industri makanan siap saji yang melalui proses pengolahan, pemasakan, dan dibumbui. 

Pengolahan makanan bisa untuk tujuan pengawetan melalui pembekuan ataupun pengalengan. Karena tergolong makanan siap saji maka makanan bisa segera dikonsumsi. Sub golongan dari KBLI ini di antaranya:

  • Industri masakan ikan
  • Industri masakan daging atau unggas
  • Industri pizza beku
  • Industri masakan siap saji lainnya.

Kode KBLI industri makanan ada banyak dan tentunya memiliki kode yang unik dan spesifik. Misalnya, industri produk roti dan kue (KBLI 1071), industri gula (KBLI 1072), industri kakao, cokelat, dan kembang gula (KBLI 1073), dan lain sebagainya.

  1. Industri Minuman Ringan

Kelompok usaha ini meliputi industri minuman tanpa alkohol, kecuali bir dan anggur tanpa alkohol. Dalam golongan usaha ini juga termasuk minuman ringan beraroma seperti cola, lemonade, air tonik, limun, air soda, minuman serbuk, dan minuman ringan lainnya. Kode KBLI untuk minuman ringan yaitu 1104.

Kode KBLI kelompok ini merupakan turunan dari kode KBLI industri minuman yaitu 110. Turunan lainnya dari kelompok industri minuman di antaranya industri minuman beralkohol hasil destilasi, industri air kemasan dan air minum isi ulang, dan masih ada beberapa turunan industri minuman yang lainnya.

  1. Industri Konveksi

Kelompok industri ini mempunyai kode KBLI 1411. Jenis industri ini bergerak di bidang pembuatan pakaian jadi yang melalui proses pemotongan dan penjahitan untuk pakaian siap pakai. 

Seperti rok, kemeja, celana, pakaian olahraga, dan lain sebagainya. Kalau industri konveksi yang berbahan baku tekstil/kain maka kodenya 14111. 

Tapi jika industri konveksi berbahan kulit asli maupun kulit imitasi maka kode KBLI 14112. Konveksi berbahan kulit ini menghasilkan produk jadi seperti rompi, jaket, rok, mantel, dan produk lainnya.

  1. Aktivitas Pengembang Video Game

Kelompok ini mencakup berbagai kegiatan pengembangan video game, dari pembuatan rancangan atau desain game hingga penampilan visualnya.

Selain itu, pembuatan animasi yang berkaitan dengan video game, pembuatan suara dan musik, pengujian video game, dan dukungan lainnya untuk video game. Kode KBLI untuk penyedia jasa ini yaitu 62011.

  1. Aktivitas Penulis dan Pekerja Sastra

Aktivitas ekonomi yang dilakukan kelompok ini meliputi beberapa aktivitas. Antara lain, menulis konten, novel, karya fiksi maupun karya non fiksi. Selain itu, tulisan untuk kebutuhan dunia perfilman dan pertelevisian seperti naskah atau skenario dan narasi. 

Aktivitas penulisan juga mencakup hasil terjemahan berbagai jenis bahasa, kritikus sastra, seorang penyair, dan pekerja di bidang sastra lainnya. Output dari aktivitas ini dipublikasikan secara digital atau versi cetak. Kode KBLI untuk aktivitas ini yaitu 90024.

Jika sektor usaha Anda tidak termasuk ke dalam salah satu daftar di atas. Maka, Anda perlu mencarinya di dokumen KBLI yang bisa Anda cari dan unduh sendiri.

Kode KBLI terdiri dari 4 hingga 5 digit. Anda bisa menemukan kode KBLI dengan mudah melalui mesin pencari Google. Anda tinggal mengetikkan keyword, sebagai contoh “kode KBLI cafe”. Maka, akan muncul kode KBLI yang Anda cari.

Sekarang Anda sudah memahami pentingnya KBLI untuk kelangsungan usaha yang akan Anda dirikan. Penentuan kode KBLI juga harus tepat agar sesuai dengan sektor usaha yang Anda bangun.Jika Anda tidak ingin repot mengenai persiapan dokumen untuk pendirian perusahaan Anda termasuk penentuan kode KBLI 2020, maka Anda perlu bantuan www.SAH.co.id yang jadi solusi terbaik buat permasalahan perizinan dan legalitas usaha. Langsung saja kontak kami di wa.me/628562160034.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *